Rabu, 09 November 2016

SENI MERANGKAI BUNGA VIRTUAL



Pendahuluan

Salah satu aktivitas yang menarik, bahkan menjadi hobby adalah merangkai bunga. Merangkai bunga dapat dipilahkan menjadi dua, yaitu merangkay bunga secara riil dan merangkai bunga secara virtual. Merangkai bunga secara riil banyak dilakukan oleh ibu-ibu, untuk menghias rumah keseharian. Namun untuk merangkai bunga untuk keperluan tertentu seperti acara ulang tahun, pernikahan dan ucapan tertentu banyak dilakukan oleh priya dan merupakan pekerjaan profesional.
Tata cara atau teori merangkai bunga dapat dirancang dan belajar melalui buku-buku, atau petunjuk pada internet. Sehingga rangkaian bunga itu ada yang bentuknya segitiga, segi empat, oval, dan sebagainya. Merangkai bunga juga dapat dilakukan berdasarkan pengalaman atau kepekaan terhadap susunan bunga indah.
Didalam menyusun suatu rangkaian bunga juga memperhitungan komposisi dari unsur-unsur seni, seperti garis, bentuk, tekstur, warna, dan kebutuhan ruang dalam susunan rangkai bunga. Dari segi keindahan susunan dan rangkaian bunga memperhitungakan prinsip-prinsip seni dan desain, yaitu komposisi, keseimbangan, ritme, propoersi, repertisi, dan emphasis. Unsur utama dalam merangkai bunga adalah bunga itu sendiri dan tangkainya.
Seni merangkai bunga riil (nyata) didasari dari bentuk-bentuk bunga di alam dan disusun dengan mempertimbangkan komposisi antar unsur secara riil (tiga dimensi). Seni merangkai bunga virtual (maya) biasanya dilakukan oleh seniman atau pelukis, yang mana bunga itu di ekspresikan dalam bentuk desain dua dimensi.
Melihat bentuk bunga yang bervariatif, serta warnya yang juga beragam, dalam rangka menyusun rangkaian bunga yang indah dapat juga dinamakan seni merangkai bunga. Sebab di Jepang nerangkai bunga itu dikaitkan dengan kehidupan manusia dengan lingkungannya, dan juga hubungan antara manusia dengan Tuhannya, yang disebut “Ikebana”. Dalam menyusun dan merangkai bunga ada hal yang sangat penting diperhitungkan, yaitu : a) bentuk bunga; dan b) tatakan bunga (pot bunga).
Bentuk bunga dan warna bunga yang akan disusun itu dapat mempertimbangkan berbagai bentuk dan jenis bunga, atau disusun dengan bermacam-macam bunga sesuai dengan  keperluannya.  Jenis bunga dan bentuknya serta sifatnya harus dikenali oleh perancang bunga. Sebab ada bunga yang mudah layu, tetapi ada bunga yang cukup tahan waktu. Jenis bunga yang tetap segar itu adalah bunga plastik, yang saat ini bunga tiruan ini bentuk, warna dan kelentuannya sudah mencapai sempurna, seperti bunga sungguh.

Salah satu Jenis bunga dan sifatnya.

Sebagai contoh bunga Kana (Canna), bunga ini mudah tumbuh subur dengan berbagai warna yang menarik, tetapi untuk bunga potong bunga Kana tidak mempunyai waktu lama. Kelopaknya mudah layu, sehingga memerlukan air ataupun kesegaran ruangan. Bentuk dan model bunga Kana juga bervariasi seperti gambar berikut ini.




Ketiga jenis Kana ini dapat dijadikan unsur dalam membuat desain dalam seni merangkai bunga secara virtual. Dengan menggunakan Adobe Photoshop, desainer dapat membuat rancangan rangkaian bunga secara virtual, dan dapat dikomposisikan dengan berbagai rangkaian bunga yang lainnya. Misalnya kita sudah mengambil gambar (foto) rangkaian bunga dari internet, dan telah memilih salah satu rangkaian bunga yang di rancang dapat dipadukan dengan gambar(foto) bunga Kana tersebut. Contohnya rangkaian bunga virtual adalah seperti ini.



Itu baru salah satu rangkaian bunga secara virtual dalam satu pot (keranjang) yang disusun sedemikan rupa dengan bunga Kana dengan berbagai bentuk dan warna, serta ukuran. Untuk dapat menyusun rangkaian bunga secara virtual, seniman (desainer) lebih bebas menyusunnya bia ia menguasi IT, dan dapat mengoperasionalkan dengan cekatan. Seniman ataupun desainer dapat menggunakan gambar atau media yang sudah ada, sehingga ia mampu merancang berbagai bentuk, ukuran dan juga modelnya. Rangkaian bunga virtual dapat menghasilkan banyak model, sesuai dengan kehendak senimannya. Tetapi yang perlu di pertimbangkan adalah bagaimna menyusun komposisinya agar kelihatan indah dan menarik.



Ikebana Indonesia

Model rangkaian bunga Ikebana itu adalah budaya milik Jepang. Tetapi hasil kebudayaan itu bersifat universal, dan dapat di kembangkan di mana saja dengan prinsip yang dikembangkan. Ikébana (生花 ) adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Ikebana berasal dari Jepang tetapi telah meluas ke seluruh dunia.
Ikebana, merupakan aktiviti lebih dari sekedar merangkai bunga dalam wadah tertentu, Ikebana adalah sebuah bentuk seni dimana alam dan manusia disatukan. Bila karangan bunga biasa adalah lebih berfokus pada bunga warna-warni, maka ikebana lebih menekankan pada bagian tanaman lain seperti batang dan daun. Ikebana lebih berfokus pada  garis dan bentuk rangkaian bunga. Seni merangkai bunga jepang ikebana adalah ekspresi kreatif yang memiliki aturan tertentu dalam proses merangkai bentuknya. Di balik setiap rangkaian ikebana yang ditunjukkan melalui kombinasi warna, bentuk, dan garis yang anggun akan tersirat makna yang ingin diungkapkan oleh perangkainya. Aspek penting dalam seni merangkai bunga ikebana adalah rangkaian yang minimalis. Ini berarti karangan hanya terdiri dari  sedikit bunga di antara batang dan daun. Struktur rangkaian bunga Jepang didasarkan pada bentuk segitiga yang  melambangkan langit, bumi, dan manusia. Atau pada aliran ikebana lainnya, segitiga tak sama sisi itu berarti sinar matahari, bulan, dan bumi. Wadah atau media merupakan elemen kunci dari suatu komposisi. Wadah yang umum digunakan adalah pot tembikar dalam berbagai bentuk.



Ikebana di Indonesia berkembang pesat di berbagai kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Suranbaya, Denpasar, dan berbagai kota lainnya. Aktivitas melakukan seni merangkai bunga ikebana itu didasai oleh keingan komunitas, dan mencoba untuk membuat suatu organisasi, dan itu semua juga berdasarkan keperluan pengembangan kewirausahaan.
Secara virtual ikebana dapat dikembakan oleh seniman dengan melakukan berbagai iditing fotografi, yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas berkarya seni. Hal ini menarik, karena pengalaman estetis seseorang dapat diekspresikan secara virtual dan visual. Hal tersebut dikarenakan Indonesia mempunyai flora yang berlimpah, dan mempunyai berbagai bentuk dan warna, sehingga Ikebana Jepang dapat diadopsi menjadi Ikebana Indonesia. Prinsip dari Ikebana adalah kesederhanaan. Ada semboyan bahwa sederhana itu indah, sederhana itu menarik. Tetapi bagi  orang yang mempunyai pandangan bahwa sederhana itu ya tetap sederhana, sebab ia mempunyai pandangan yang glamor itu indah.
Baiklah ini ada dua pengembangan ikebana, dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan kepada Ikebana gaya Indonesia. Indah di Indonesia itu mempunyai makna yang beragan, dan di Jawa yang disebut indah itu sama dengan “jangkep” atau lengkap. Baik, berikut ini contoh ikebana yang dikembangkan secara virtual.


Penutup

Berbagai upaya secara kreatif dan bernilai positif, merupakan pemahaman yang bersifat netral, tetapi tetapmempunyai prinsip. Dalam upaya mengembangkan Seni Merangkai Bunga Virtual belum diungkap keseluruhan, sebab setiap kearifan lokal mempunyai produk budaya yang unik dan menarik. Untuk itu diungkapkan berbagai bentuk karya virtual dalam seni merangkai bunga sebagai unsur kebudayaan. Hal mesti  menyangkt berbagai permasalahan unsur-unsur kebudayaan lainnya.
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar